Rabu, September 10, 2008

Di tunda lagi tender SLJJ ?

Pemerintah kembali menunda tender penyelenggaraan jaringan tetap lokal berbasis kabel, nirkabel mobilitas terbatas, serta sambungan langsung jarak jauh (SLJJ). Kenapa lagi kali ini?
Ternyata, itu disebabkan Keputusan Menkominfo No.76/2007 tentang Peluang Usaha Penyelenggaraan Jaringan Tetap Lokal, SLJJ, Sambungan Internasional (SLI), dan Jaringan Tetap Tertutup Berbasis Kabel, kembali direvisi untuk yang kelima kalinya oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh.
Dalam keterangan resmi Postel yang dikutip detikINET, Senin (8/9/2008), disebutkan bahwa Menteri Nuh pada akhir Agustus 2008 lalu baru saja menandatangani revisi tersebut dalam bentuk Keputusan Menkominfo No. 252A/2008.
Menurut Kabag Umum dan Humas Ditjen Postel Depkominfo, Gatot S Dewa Broto, alasan ditekennya peraturan baru tak lain demi menjamin lebih sempurnanya persiapan tender, seperti penetapan kriteria peserta seleksi, syarat, penilaian, mekanisme seleksi, jumlah pemenang seleksi, dan ketentuan lain yang terkait dengan proses seleksi penyelenggaraan.
Dengan berlakunya Keputusan Menkominfo ini, maka proses seleksi penyelenggaraan jaringan tetap SLJJ akan dilaksanakan paling lambat tanggal 31 Desember 2008. Sedangkan untuk proses seleksi penyelenggaraan jaringan tetap lokal dan jaringan tetap SLJJ akan dilaksanakan paling lambat pada tanggal 31 Maret 2009.
Selain perubahan masalah pengunduran waktu pelaksanaan proses seleksi ini, maka esensi lain yang disebut pada revisi kelima Keputusan Menkominfo ini adalah ketentuan yang menyebutkan, bahwa peluang usaha penyelenggaraan telekomunikasi diberikan kepada penyelenggara jaringan tetap lokal dan atau penyelenggara jaringan tetap lokal tanpa kabel dengan mobilitas terbatas dengan wilayah layanan nasional yang telah mempunyai basis pelanggan yang kuat.
Sejauh ini, operator yang telah terang-terangan menyatakan tertarik ikut tender SLJJ adalah Bakrie Telecom. Operator nirkabel terbatas dengan produk Esia, Wifone dan Wimode ini tentu sangat ingin mendapatkan lisensi SLJJ setelah sebelumnya memenangkan lisensi SLI. Alasannya, tentu supaya tarif SLI bisa lebih murah tanpa harus melewati carrier operator lain.

com = semoga deh B-TEL dapet tender ini,agar biaya SLJJ jadi jauh lebih murah. Meskipun routing nya jadi semakin ribet dan berantakan deh.

Tidak ada komentar: