Selasa, Januari 27, 2009

Menara Jakarta

Sudah tau belum kalo di Jakarta akan dibangun menara setinggi 558 m. Wow, tertinggi didunia, tapi menara ya bukan gedung ini dibangun di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menara itu bakal mengalahkan CN Tower di Toronto, Kanada (553 m), Oriental Pearl Tower, Shanghai, China (460 m), dan KL Tower, Kuala Lumpur, Malaysia (421 m). Sepertinya menara jakarta ingin mengambil alih gelar-gelar di GUINESS BOOK OF THE RECORD deh. Layaknya sebuah gengsi, menara jakarta akan menjadikan gengsi atau simbol kemakmuran bangsa ini.

Terbayangkan kalo di Jakarta ada menara tertinggi di dunia, sedangkan disebelah timur Indonesia masih banyak warga negara ini yang kelaparan. Berarti simbol menara jakarta sangat berbeda jauh dengan keadaan sebenarnya dari bangsa kita.

Meskipun beberapa pejabat menjelaskan bahwa Menara Jakarta sebagai solusi jaringan telekomunikasi dan broadcast, tapi banyak pihak yang meragukan kehandalannya. Komentar dari Roesdiman”Menara Jakarta akan menjadi bangunan telco dan broadcast tertinggi dunia, menjadi pendukung sistem telekomunikasi dan penyiaran dengan antena di puncak menara sebagai shared facility,”. Bahkan PT.Telkom juga ingin berkantor dimenara ini. Menara Jakarta akan menjadi pusat jaringan di bidang teknologi komunikasi dan informasi dengan data center dan disaster recovery center, serta mendukung fungsi pemonitoran bagi TNI/Polri dengan surveillance camera.

Suatu ide dan sistem jaringan yang sangat bagus. Berarti tidak dibutuhkan lagi tower-tower BTS yang sudah seperti hutan tower dan merusak pemandangan. Tapi apakah akan berjalan mulus? Coba hitung, ada berapa operator di negara kita ?banyak operator

Lalu berapa banyak antena yang akan dipasang di Menara Jakarta? Wow, bisa jadi Menara Jakarta bukan lagi seperti yang diharapkan. tapi malah bisa menjadi pusat jamur(antena) yang menempel di kaki.

Kemudian bagaimana nasib dari area-area yang terhalangi oleh gedung tinggi ? Apa masih memungkinkan mendapat sinyal selular yang bagus hasil dari multipath. Rasanya masih banyak yang harus diamati dan dikajikan secara luas.


Belum lagi Menara jakarta akan dibangun pusat bisnis internasional, dilengkapi perkantoran, hotel, pusat gaya hidup, dan gedung multifungsi. Untuk mendukung pariwisata, dibangun dek observasi dan restoran berputar. Juga wahana edutainment ”Indonesia Discovery” yang memaparkan sejarah, keragaman budaya, dan kekayaan alam Indonesia, yang dikemas secara audio visual dengan media berteknologi modern.

Semoga menara tersebut benar-benar bermanfaat, dan tentunya tahan gempa. Setidaknya menara itu mampu menampung berjuta-juta orang yang kehilangan tempat tinggal akibat banjir di Jakarta.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Yang jelas tanah di Jakarta bakalan makin amblas, karena ketambahan beban yang semakin berat. Dan ujung-ujungnya rob dan banjir