Selasa, Januari 27, 2009

Nasihat Semut, Laba-Laba dan Lebah

Pernah gak sih kita mengamati binatang disekitar kita ? coba deh perhatiin sebentar saja antara semut, laba-laba dan lebah.

Saya coba jelasin sedikit, kalo semut itu tipe binatang yang suka mengumpulkan apa saja, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Bahkan terkadang kita juga sering melihat semut membawa makanannya yang besarnya lebih dari tubuhnya. Semua dikumpulkan setiap waktu, setiap hari dan bahkan hasilnya seakan-akan untuk makan bertahun-tahun.
Padahal kita tahu kalo semut itu belum tentu hidupnya sampai setahun.

Yang kedua adalah laba-laba, yup laba-laba yang menjadi idola tokoh anak-anak. Laba-laba itu memiliki sarang yang sangat kuat, bahkan apabila dikumpulkan dan dijadikan setebal baju, maka kuatnya sampai mampu menahan peluru. Tapi bukan itu yang ingin dibahas.

Laba-laba itu bisa dibilang sangat jahat, apa saja yang terperangkap di sarangnya pasti langsung dimakan. Meskipun sarangnya tampak lemah oleh kita, tapi bagi binatang yang seukuran mungkin akan menjadi momok yang menakutkan. Semua yang terjebak di sarangnya langsung dilahap. Tak peduli siapa yang ada disarangnya, bahkan laba-laba jantan saja setelah kawin maka akan dibunuh oleh betinanya. Bukan tidak mungkin telurnya sendiri menjadi santapan makanannya. Seolah-oleh laba-laba itu berfikir, siapa yang hari ini bisa dimakan ? bukannya apa, kapan , dimana?

Selanjutnya adalah lebah. Meskipun lebah terlihat jahat dengan sengatannya, tapi lebah melakukan itu karena melindungi dirinya sendri. Jadi kalo tidak diganggu ya tidak akan membalas. Lihat sarangnya, berbentuk segi enam yang sangat kuat dan kokoh, bahkan isinya hanya di isi dengan sesuatu yang bagus-bagus. Misalnya sari bunga, dll yang akhirnya bisa dikonsumsi oleh manusia sebagai minuman yang mujarab. Seakan-akan lebah tidak ingin sarangnya diisi oleh hal-hal yang tidak bagus.

Lalu apa hubungannya dengan manusia? bila diamati hidup seseorang itu ada yang seperti semut, laba-laba atau lebah. Seperti semut apabila setiap harinya orang itu hanya mengumpulkan segalanya dan menumpuknya terus menerus. Seakan-akan harta/ilmu kelak akan membantunya sampai mati.

Seperti laba-laba apabila seseorang seolah-olah selalu saja mencari mangsa untuk kelangsungan hidupnya. Dia tidak peduli siapa yang dimangsanya, termasuk saudaranya sendiri kalo perlu sikat saja lah.

Dan ada pula meski sedikit yang bertindak seperti Lebah. Selau saja mencari yang baik-baik bahkan tidak apa-apa kalo dirinya rugi asal orang lain tidak rugi. Semua hal yang cari kelak bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

Selanjutnya, tindakan seperti yang mana kah dari kita ??


Tidak ada komentar: