Selasa, Desember 30, 2008

Tips Sikat Gigi yang Baik

Dari judulnya sih keren tips sikat gigi yang baik, itu setelah saya mengalami pencabutan gigi geraham secara paksa oleh Bu Dokter Gigi Maharani. Huh... sebelum dicabut aja, takutnya udah gak ketolongan. Gara-gara gigi gue yang bolong ditambal terus bocor deh sampe ke gusi. Jadinya harus di cabut. Huh...

Ini gue kasih beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Karena kesehatan gigi itu sangat mempengaruhi syaraf kita yang lain seperti otak, telinga, jantung bahkan bisa menyebabkan stroke. Untuk yang gak mau giginya dicabut, yang gak mau sakit gigi dan yang gak mau kesehatannya tidak terjaga gara-gara gigi. Maka sebaiknya jaga deh tuh gigi loe...(gaya betawi)


Cara menggosok gigi yang baik:

1.Gosoklah seluruh permukaan gigi yang menghadap ke pipi dan lidah. Pastikan seluruh permukaan telah tergosok.



2.Untuk gigi atas gerakan sikat dari atas ke bawah (seperti mencungkil) dan sebaliknya untuk gigi bawah gerakan sikat dari bawah ke atas.




2.Gosoklah dengan lembut permukaan gusi dan lidah



3.Posisi sikat gigi kurang lebih 45 derajat di daerah perbatasan antara gigi dan gusi sehingga gusi tidak terluka.

Kemudian jangan lupa untuk menggosok gigi setelah makan. Yup cukup setelah makan saja, karena biasanya kalo abis makan pasti ada makanan yang menempel.

Jangan lupa menyikat lidah. Di dalam rongga mulut selain gigi, juga terdapat organ penting lainnya yaitu lidah. Mulut mengandung berbagai bakteri dan beberapa jenis bakteri dapat tumbuh di lidah. Pada beberapa orang, tumbuhnya bakteri tersebut menyebabkan napas berbau tak sedap. Awas nanti muntah kalo keseringan sikat lidah.

Kurangi mengkonsumsi panganan ringan. Pangan ini cukup tinggi kadar gulanya sehingga berpotensi sebagai makanan untuk pertumbuhan bakteri mulut. Dalam waktu sekitar 20 menit setelah makan panganan ringan, bakteri akan menghasilkan senyawa asam seperti asetat, format, dan laktat. yang menyerang email gigi. Ngemil berarti menambah waktu kontak senyawa asam dengan gigi sehingga memperburuk kesehatan gigi. Berkumur sehabis ngemil dapat membantu mengurangi sisa makanan dan mengencerkan zat asam di mulut. Kumur-kumur terus!!!!!!!!

Kurangi atau tinggalkan minuman bersoda. Gula di dalam minuman ringan bersoda dapat menjadi nutrisi untuk pertumbuhan bakteri di mulut, sebagaimana pada snack. Kalaupun komposisi minumannya tanpa gula, adanya asam sitrat dan fosfat hingga pH 2 ( sangat asam), dapat menggerus akar dan email gigi.Wah, mending air putih deh.

Percaya deh, cabut gigi itu beneran gak enak. Bahkan disuntiknya aja udah sakit banget. Padahal disuntik itu untuk mengurangi rasa sakit loh. Ayo sikat gigi ....


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Kayanya suamiku ini paling rajin sikat gigi, tapi ko masih sakit ya???

Meski ompong aku tetap mencintaimu sayang, he,,,, :D

Terimakasih buat tipsnya, aku sekarang jadi rajin sikat gigi, takut ikutan sakit gigi. Kan gak lucu klo sama2 sakit gigi, ntar gak ada yang crewet ngobrol.

ummul mengatakan...

rajin sikat gigi, sakit gigi pergi!

http://ummul-orthodonti.blogspot.com/

:-)