Selasa, Desember 16, 2008

Pilihan Kuliah (bag 2)

Jam sudah menunjukkan pukul 00:25, dan mata ini sudah mulai tidak tahan karena rasa ngantuk yang sangat. Sambil menonton televisi dikamar ini, sambil melihat handphone menunggu sms dan sambil merem melek :)

Alarm udah bunyi dan kulihat sudah jam 05:30 , wah belum shalat subuh.Buru-buru shalat sambil berharap tidak ada yang masuk ke kamar( takut ketauan baru shalat subuh ). Beru pengen tidur lagi, tiba-tiba melihat handphone sudah ada SMS masuk. Dibaca deh, "selamat ya Bima" itu aja isinya dan saya pun tidak mengenal siapa pengirimnya. Biar aja deh, mau tidur lagi, pusing nih kurang tidur. Oh iya, lupa kalo hari pengumuman UMPTN!!! langsung bangun dan berusaha mencari koran langganan hari ini....

Pasti belum dateng nih, harus beli koran dulu deh. Akhirnya pergi kedepan gang dan dapet juga koran pengumuman UMPTN. Coba ambil formulir pendaftaran dan berusaha melihat dengan huruf yang kecil-kecil......

Pengisian formulir UMPTN tinggal menghitung hari lagi, tapi aku sebagai siswa kelas III SMA masih belum bisa menentukan pilihan mana yang tepat untuk saya. Dimulai dari keinginan Orang Tua yang ingin anaknya jadi dokter, kemudian hari kecil yang ternyata juga ingin jadi dokter.



Meskipun beberapa alumni SMA ini masuk dan mempromosikan tempat kuliahnya, tapi ternyata belum ada yang sesuai dengan minat dan bakat saya. Teknik TGP yang sempat menarik minat tapi minat akan pelajaran kimia gak terlalu bagus, lalu Teknik Elektro yang saya sendiri takut kesetrum dan terakhir kedokteran, padahal saya itu susah banget ngafalin bahasa latin. Gimana mau jadi dokter ...?

Suasana di Bandung begitu dingin, sampai-sampai saya gak kuat untuk mengambil wudhu shubuh. Gak disangka kalo pada akhirnya saya sampai juga di Bandung. Ya banyak orang menyebutnya Paris Van Java, kota mode di pulau Jawa. Tapi kenapa cewe-cewe nya gak seperti yang dibilang temen-temen ya..? Ups... lupa hari ini harus sarapan, maklum udah gak ada yang masakin, sekarang semuanya harus cari sendiri, mulai dari makan sampai tidur sendiri. Tapi gak papa kok masih di asrama yang masih banyak temen juga.

Beginilah kota Bandung, kota dengan ketinggian daratan mencapai 300 m diatas permukaan laut tapi masih banyak juga banjir yang terjadi dimana-mana. Termasuk daerah tempat saya sekarang ini.

Akhirnya pilihan jatuh ke Fisika UI, yup Fakultas MIPA Jurusan FISIKA, wow keren banget. Emang sih gue demen fisika, tapi gak demen-demen amat. Berarti pilihan pertama tetap jatuh ke Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, di Bandung donk...? Bandung memang cita-cita saya untuk mandiri, gak mungkin bisa mandiri kalo cuma mendekam di Jakarta doank, paling ngga depok lah, sambil ngekost.

Ketika dikelas, saya melihat beberapa teman sedang mengisi formulir pendaftaran STTTELKOM. Sekolah apa tuh ya..? apa untuk jadi pegawai Telkom? Coba tanya sana sini akhir dapet kesimpulan kalo itu cuma ada fakultas teknik, dan letaknya di Bandung. Selepas pulang sekolah saya coba ajak Bapak saya untuk mencari formulir STTTelkom, dapet juga di Bank Mandiri, tapi pengembalian formulir paling telat hari ini. Waw, harus buru-buru deh.

Sekarang sudah jelas, kalo ikut UMPTN untuk fakultas kedokteran Unpad dan kedua untuk Fisika UI. Sedangkan untuk swasta nya di STTTelkom,meskipun agak-agak mepet masih sempetlah mengembalikan formulirnya. Sedangkan lainnya adalah STAN, lumayan sekolah gratis yang dibayarin oleh negara. Tapi kebanyakan temen sudah pasti diterima disalah satu perguruan tinggi swasta, sedangkan saya belum ?

Hidung ini masih meler keluar ingus... sambil bersin-bersin saya paksa saja belajar dulu.Padahal malam minggu dan jam sudah pukul 01:20 WIB, tapi masih tetep belajar. Besok adalah ujian masuk STTTelkom, sedangkan dua hari setelah besok UMPTN. Anggep aja kalo besok itu sebagai tryout menjelang UMPTN.

Ingusnya makin parah, dan semakin menjadi-jadi! Bahkan pengawas ujian sepertinya mencurigai saya. Saya sendiri juga bingung, kok lama banget ya waktu ngerjain soal Fisika dan Matematika ini. Pengen buru-buru aja nih, ingus udah meler banget lagi. Toh cuma latihan, kalo lulus alhamdulillah, kalo gak lulus yang emang gak niat.

Ujian UMPTN berlangsung lancar, sakitnya udah hilang dan saya mampu mengerjakan soal dengan baik. Setelah dua hari ujian, langsung aja maen PS, ya main PS karena sebelum UMPTN gak pernah kenal yang namanya maen PS. Alhasil, ujian STAN pun dijamin gak lolos.

Setelah dipastikan lulus STTTelkom, hati ini sedikit lega. Maklum sampai saat ini belum satupun saya terdaftar diperguruan tinggi mana pun. Jadinya lega deh. Padahal semepet gak bisa juga ngecek hasil kelulusan dari internet( abis gaptek banget sih). Begitu lihat hasil di STAN, ternyata gak dapet, tuh benerkan dugaan saya pasti gak dapet. Berarti gagal sudah saya jadi calon PNS dengan masuk STAN.

Meskipun hurufnya kecil-kecil tapi alhamdulillah,akhirnya nama saya muncul. Bangga juga. Oh iya yang bikin saya lupa adalah mengecek kalo saya ini masuk jurusan mana? begitu dilihat gagal deh jadi dokter. Berarti pilihan sekarang tinggal dua, masuk UI dengan teknik Fisika UI atau ke Bandung masuk STTTelkom. Harapan jadi dokter sudah hilang tapi harapan untuk sekolah di Bandung dan belajar mandiri masih ada.

Begitulah hidup, siapa yang menyangka saya akan menjadi seorang engineer atau lebih tepatnya dalam bahasa Indonesia Teknisi atau jaman dulu bilang insinyur (Ir). Semua adalah rahasia Allah dan kita sebagai umatNya cuma bisa berusaha. Bagiku "Saya percaya dengan Nasib, tapi saya gak akan menyerah kepada Nasib"

1 komentar:

aprilmopgal mengatakan...

hmmm...entah kenapa gw ketawa2 baca postingan lo yang ini. Ga jadi inget masa2 SMA dulu, UMPTN, STAN segala macem....
OMG...dan ujung2nya gw malah ikut lagi, dan nyangkut di mari, nyangkut di kerjaan yang gak ada hubungannya ama jurusan gw juga...
What a life...everything has been written by Him anyway...:)