Selasa, Oktober 21, 2008

Menabung buat nikah

Ada teman gue yang nanya,gimana caranya ya biar bisa nabung buat nikah? Kalo dari Gaji padahal udah gede, tapi masih aja susah nabung. Atau karena lebih besar pasak daripada tiang?
Mungkin bagi sebagian orang masih bertanya-tanya,apa cukup ya uang segini buat nikah? atau masih kurang berapa juta lagi nih buat nikah? buat acara nikahnya aja masih kurang apalagi kalau udah menikah, akan tambah kurang kali ya.

Meskipun gue merupakan pasangan penganten baru (maklum baru nikah 3 bulan yang lalu sejak posting ini) tapi gue tuh nabung sejak setahun yang lalu loh. Tapi menurut gue itu juga udah cukup lama lah. Berikut tips dari saya, kalo mau tambahin silahkan aja di komentarin.

1.Sisihkan dahulu minimal 30% gaji buat nabung.
Ini yang paling penting, karena niat anda sudah mau menikah maka mau tidak mau anda harus menahan semua kebutuhan anda. Setidaknya buat rekening baru di Bank untuk pernikahan dan jangan dibuat ATM, karena gampang ngambil uangnya. Setidaknya kita harus bisa menabung 30 % dari gaji seperti kita mengambil kreditan.

2.Siapkan budget buat pacaran paling ngga 10% gaji.
Kalo ini yang sudah terbiasa pacaran, biasanya kalo mau menikah pasti butuh pengenalan lebih lanjut. Dan tentunya tidak ada pacaran yang tidak modal. Paling ngga buat naik angkot lah kalo kita pacarannya sambil nonton layar tancep, atau ngga ya nyewa DVD kalo pengen pacarannya sambil nonton di kosan(hehe...). Kalo emang sudah melebihi budget 10%,maka stop dulu pacaran bulan ini. Tapi kalo si pasangan minta jalan-jalan ya cobalah untuk jujur kalo budget udah abis, sekalian coba ngetest keikhlasan dari pasangan. Kejujuran lebih indah loh dari pada gengsi (jaman sekarang cowo gak usah gengsi).

3.Ada uang sisa, masukkan ke tabungan nikah.
Ini juga penting, kalo emang ada uang sisa masukkan ke tabungan nikah. Kali aja kalo lagi makan sendiri kan makan masakan yang murah-murah(warteg), sedangkan kalo pacaran baru deh perbaikan gizi. Jangan mudah tergiur untuk beli barang baru terutama Handphone yang gak ada habisnya menjadi baru.

4.Rencanakan acara pernikahan anda, apa mau dirayakan secara besar-besaran atau hanya perayaan seadannya. Itu semua tergantung dari anda dan pasangan anda. Kalo emang butuh biaya banyak, tentunya harus menabung sebanyak-banyaknya, tapi kalo emang mau diadakan seadaanya juga lebih baik. Toh ke KUA juga cuma bayar 300rb itupun ke penghulu kalo ikhlas.

5.Tanya kan ke pasangan anda, apakah ada budget juga buat nikah?
Ini bisa membuat tabungan anda tidak terlalu besar, setidaknya anda bisa paruhan atau 50%-50% buat biayanya. Jadi nikahnya bisa dipercepat ya bukan tabungannya yang dikurangin.

6.Tanya juga ke orang tua.
Mungkin ini yang kadang kelupaan atau kadang terlalu PD(percaya diri)dengan mengharap. Kadang kita lupa bahwa orang tua kita ingin melihat acara nikah anaknya meriah,maka mereka punya budget atau anggaran buat kita. Atau ada juga yang merasa ya itu tanggung jawab kamu yang sudah siap nikah, sebelum berharap tanyakan dulu ke orang tua.

7.Cari pasangan kaya/tajir yang mampu untuk membiayai semua acara pernikahan.
ini alternatif yang paling terakhir kalo emang anda tidak bisa menabung sama sekali, ya sambil berdoa orang tua juga membiayai pernikahan anda.

Itu aja tips dari saya, kalo mau nambahin silahkan komentar, ntar gue edit tipsnya.

4 komentar:

Saya Aan mengatakan...

1 lagi bim....sebelum menikah siapkan juga asuransi atau tabungan rencana keluarga. penting tuh.... :D

tapi dari semuanya itu yang paling instan dan pasti adalah cari calon istri yang kaya terus anak tunggal dan kl bisa punya banyak usaha. :D

Anonim mengatakan...

gue kira kalo kaya loe mau cari yang Dokter. Kan kalo Dokter juga kaya tuh :)

satrio junianto mengatakan...

wah bener juga nih tips'y ,tpi udah di coba, tuk sisihin tabungan, tpi kepake lagi-dan lagi, mungkin gw harus bikin tabungan baru yg ga pake ATM , tks Bro masukannya..

GIYANTI - HIS mengatakan...

Dear brides and grooms to be
Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

For more info and detail call :
Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
Giyan : 082261170022 (WA)
INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

See u brides and grooms to be!
-HIS Wedding Venue Organizer-