Kamis, Oktober 23, 2008

Jumlah Souvenir Nikah



Buat temen-temen gue yang mau nikah, mungkin lagi bingung untuk mencari contoh souvenir pernikahan yang menarik, bagus dan bermanfaat. Tapi yang pasti harus sesuai donk dengan budget. Karena budget juga berpengaruh banget sama kualitas (gaya oi.., ya iya lah).


Ingat jangan sampai melebihi dari budget yang sudah ditentukan. Jadi tentukan dulu budget, jangan pilih barang dulu karena bisa-bisa budgetnya membengkak gede. Jadi selanjutnya tentukan dulu jumlahnyaBerbekal dari pengalaman gue yang udah ngadain pernikahan dan kehabisan stok souvenir (mohon maaf untuk para undangan yang kehabisan souvenir). Gue kasih deh tips untuk menentukan jumlah souvenir.

Setelah menentukan budget, maka tentukan juga berapa undangan yang akan disebar. Karena undangan yang disebar itu akan pengaruh dengan banyaknya orang yang dateng.
Seandainya kita mengundang 500 undangan maka siapkan souvenir sebanyak 2X jumlah undangan, berarti ada 1000 souvenir yang harus dibeli. Kenapa 2 kalinya ? Karena yang diundang adalah 500 orang, dari satu undangan yang datang mungkin ada juga yang membawa sanak saudara atau anak kecil yang juga pingin memiliki souvenir dari anda(sekitar 100 deh).

Lalu jangan dilupakan untuk saudara-saudara anda berdua. Kalau anda mengundah Pak De, Bu De, Pak Le, Ua, Om, Tante, jangan lupakan anak-anak mereka (alias sepupu anda). Karena mereka sudah pasti dateng, jangan dianggap remeh loh kalo mereka gak akan mengambil jatah souvenir (justru mereka yang paling semangat).Bisa prediksi sekitar 100 orang.


yang paling sering dilupakan untuk undangan yang anda kirim ke satu group. Misal kita membuat undangan untuk seluruh teman SMA, seluruh teman SMP,seluruh teman SD atau seluruh teman kantor. Seandainya dari semuanya datang 20 orang berarti ada sekitar 100 orang yang takterduga.

Selanjutnya tetangga. Ini dia kasus yang sama dengan sanak family kita. Bisa-bisa satu tetangga membawa seluruh keluarganya ditambah dengan keponakan kalo ada (coba bayangin udah berapa souvenir tuh(sekitar seratus kali ya) 100 lagi.

Jumlah 100 souvenir itu tergantung dari rekan, kerabat, sanak saudara, tetangga, Jadinya ya masih bisa dikira-kira lagi deh. Berarti total 500+100+100+100+100 = 900 souvenir. Trus masih sisa 100 ya(prediksi tadi seribu), kira-kira dari mana ya? Jangan juga dilupakan dengan penduduk sekitar yang sudah menjadi kebiasaaan kalo ada hajatan langsung diserbu....

Jadinya pas deh semua souvenir sudah habis tak bersisa. Ups, jangan lupa sisain juga buat anda setelah menikah. Masa gak punya kenang-kenganan (jangan kaya gue lah). Kalo emang masih sisa juga, coba diingat lagi apa ada yang belum kebagian? Mungkin untuk undangan yang tidak bisa hadir tapi memberi amplop atau kado (hehe... balas budi). Atau ada juga undangan yang datengnya biasanya telat,entah dua atau tiga hari setelah nikah. Mungkin juga di kampung halaman orangtua anda masih banyak yang kenal. Tuh kan masih banyak yang belum.

Tapi yang pasti, jangan membeli terlalu banyak ya.... takut mubazir,tips diatas juga cuma prediksi.Mungkin yang lain bisa menambahkan ?

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Aku tambahkan masukannya ya cinta,

Kalo budgetnya minim perlu diketahui souvenir lebih baik jangan terlalu bagus. Karena kalo terlalu bagus dan unik, banyak undangan yang minta lebih dari satu, bahkan ada yang sampe bela2in memaksa untuk mengambil sendiri (ini pengalaman pernikahan gw & bima). Karena pada prinsipnya kuantitas souvenir lebih diperlukan (dalam hal ini banyak).

Diusahakan undangan yang datang
kebagian semua, karena kalo gak kebagian suka ada yang senewen. Yang kasian para penjaga meja tamunya, dimarahi tamu2 undangan yang gak kebagian souvenir.

Betulkan yank??